Info-Info Dunia

TEROWONGAN TERPANJANG DUNIA

Swiss memiliki terowongan terpanjang didunia dengan panjang 57 kilometer. Terowongan bernama Gotthard Base Tunnel ini akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa.
Sejumlah pekerja galian terowongan di Sedrun, Swiss, Jumat (15/10/2010) bersorak riang sembari menyalakan kembang api, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir. Mereka merayakan sukses pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia. Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu,
Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.
“Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama,” kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger. Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.
Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.
Konsep konstruksi Gotthard Base Tunnel disusun pertama kali pada tahun 1947 oleh insinyur Eduard Gruner. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss pada negara-negara tetangganya, khususnya di sektor kereta api berkecepatan tinggi lintas Eropa. Terowongan ini diyakini akan membalikkan kondisi itu.
Perjalanan darat dari Kota Zurich, Swiss, menuju Milan, Italia, bakal semakin singkat dengan kereta api supercepat yang melintasi Gotthard Tunnel, terowongan terpanjang di dunia yang sudah selesai dibangun Pemerintah Swiss. Zurich–Milan yang biasa ditempuh 4–6 jam dengan kereta api bisa dipersingkat, hanya menjadi 1,5 jam, setelah terowongan Gotthard yang dibangun Pemerintah Swiss resmi beroperasi pada 2017.
Pemerintah berharap, Gotthard mampu menjadi jalur lintas 300 kereta api dalam sehari. Jumat lalu,beberapa saat setelah Gotthard dinyatakan selesai, para pekerja dan pejabat setempat menggelar perayaan khusus. Perayaan itu bukan sekadar simbol kegembiraan. Stasiun televisi nasional ikut merekam momen istimewa itu, bahkan menyiarkan secara langsung. Para peserta perayaan bersamas-ama menyisipkan waktu satu menit untuk mengheningkan cipta. Mereka tunduk untuk mengenang delapan pekerja yang tewas sepanjang proses penyelesaian terowongan Gotthard.
“Menjadi penting untuk mengingat semua orang yang terlibat dalam pembangunan ini. Tidak hanya pekerja, melainkan mereka yang sudah mengorbankan sesuatu, bahkan nyawa demi penyelesaian terowongan,” kata kepala konstruksi,Heinz Ehrbar.
Pegunungan yang kokoh, sampai- sampai pekerja mesti menggali 13 juta kubik batuan Alpen atau lima kali lebih besar dari volume Piramida Besar di Giza, Mesir. Ambisi Swiss ternyata belum selesai di sini.
Rencananya, Swiss akan membangun dua terowongan yang masing-masing sepanjang 50 kilometer.Namun,tampaknya misi ini belum akan selesai dalam waktu cepat.Rencananya, satu terowongan akan menghubungkan Lyon (Prancis) dan Turin (Italia).Sementara, yang lain bakal menggantikan posisi terowongan Brenner yang menghubungkan Austria dan Italia. Swiss terus maju dengan ambisi pembangunan terowongan lintas negara. Setelah Gotthard menjadi terowongan terpanjang,entah gelar apa yang akan dilekatkan pada dua terowongan berikutnya.
Gotthard yang mulai dirancang 14 tahun lalu telah menggeser posisi dua terowongan kereta api di dunia. Pertama adalah terowongan Seiken di Jepang. Jalur kereta api yang menghubungkan Pulau Honshu dan Hokkaido itu terbentang sepanjang 53,8 kilometer. Posisi ketiga ditempati Eurotunnel, terowongan yang menghubungkan Inggris dan Prancis sepanjang 49,9 kilometer. Gotthard Tunnel makin mengukuhkan Swiss sebagai negara yang paling banyak membangun terowongan terpanjang di dunia.

FACEBOOK vs TWITTER

Keberadaan Facebook (FB) saat ini tak sekedar sebagai situs jejaring sosial saja, tapi juga sarana menjaaring konsumen. Tak heran hampir semua perusahaan besar punya account FB. Cara paling mudahnya menggugah foto produk dan mentag-nya keteman-teman FB kamu, yang sekiranya potensial untuk jadi pembeli.
Dari foto itu akan muncul komentar dari teman-teman kamu. Apakah mereka tertarik membelinya atau malah mengabaikannya. Namun cara ini tak terlalu diminati saat ini.selain jangkauannya tidak luas (hanya sebatas teman-teman di FB), juga sering menimbulkan persoalan. Misalnya jika teman tadi tak berkenan di tag foto yang kamu unggah, bisa saja jika tak berkenan, tinggal me-remove tag fotonya yang penting, jangan sampai teman kamu dibuat marah.
Yang saat ini banyak dimanfaatkan adalah Facebook Page. Kamu bisa lebih leluasa memanfaatkan halaman ini untuk para pelanggan. Tak hanya itu kamu juga bisa memasang Like Box di website. Jadi antara situs dan FB bisa terhubung. Update difans page ini juga langsung terkoneksi ke twitter.
Membuat fans page juga mudah, tinggal klik di http://www.facebook.com/pages/create.php.
Setelah terbuka, tinggal mengisi dan memilih jenis usaha. Kemudian klik Create Official Page. Maka akan muncul Facebook Page. Kamu tinggal mengedit sesuai data yang ingin dimasukkan. kamu bisa men-suggest page ini ke teman-teman. Akan tetapi, jika Fans Page ini ingin ditampilkan sebagai iklan di FB, kamu harus membayarnya.
Selain di FB, twitteer juga bisa dijadikan alat promosi. Microbloging ini kini sedang naik daun. Apalagi dikalangan anak muda. Lewat jejaring sosial ini, kamu bisa men-tweet info-info produk terbaru. Jika ingin tahu lebih banyak, sertakan pula linknya ke FB atau situs kamu yang lain.
Jadi, apapun bentuknya, baik website, FB, twitter, kini tak hanya sekedar sebagai sarana jejaring sosial, tapi juga bisa dijadikan cara ampuh untuk mempromosikan produk kamu. Yang penting dan harus diingat, jangan samapi promosi itu mengganggu teman-teman di jejaring sosial karena justru akan jadi bumerang. Selamat berpromosi.

KEAJAIBAN DUNIA MOUNT EVEREST, AIR TERJUN VICTORIA, dan NORTHERN LIGHTS

KEAJAIBAN DUNIA MOUNT EVERST

Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

AIR TERJUN VICTORIA

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).
David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.

NORTHERN LIGHTS

Salah satu keajaiban dunia adalah Northern Lights atau dikenal juga dengan istilah Aurora Borealis. Kejaiban cahaya warna-warni ini terbentuk akibat interaksi lapangan magnetik di Bumi dengan partikel matahari.

KEAJAIBAN DUNIA GREAT BARRIER REEF/ KARANG PENGHALANG BESAR

Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

KEAJAIBAN DUNIA GRAND CANYON

Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.
Jurang ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.
Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di jurang sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok jurang ini.

Telusuri Riwayat Bumi, Ilmuwan Israel Gali Laut Mati

Para peneliti Israel sedang melakukan penggalian di bawah Laut Mati.
Laut yang banyak dikisahkan dalam sejarah itu membentang di tiga wilayah; Israel, Palestina, dan Yordania. Para peneliti itu menggali untuk menelusuri riwayat bumi ini selama 500.000 tahun terakhir.
Seperti diberitakan Telegraph.co.uk, para ilmuwan ini telah memulai penggalian dengan cara pengeboran jauh di bawah Laut Mati.
Penggeboran itu dilakukan untuk memeriksa lapisan sedimen yang berusia jutaan tahun.
Diharapkan, sedimen itu dapat memberi petunjuk tentang banyak hal, seperti pergeseran pola cuaca, kegiatan seismik dan perubahan iklim pada zamannya.
“Sedimen ini dapat memberikan ‘arsip’ kondisi lingkungan geologi di daerah ini di masa lalu,” kata peneliti Akademi Ilmu Pengetahuan dan Humaniora Israel.
‘Potongan tipis’ tentang sejarah bumi akan diekstrak melalui lubang bor sedalam 1.200 meter yang dibor oleh rig khusus. Posisi pengeboran berada di sebuah teluk kecil di utara Laut Mati.
Setelah diekstrak, lapisan contoh tanah itu akan diperiksa dengan teknologi resolusi tinggi.
Dari sedimen ini, peneliti diharapkan mendapat petunjuk tentang perubahan lingkungan Bumi saat itu.
Bahkan, sedimen itu diperkirakan bisa memberikan informasi rinci tentang cuaca buruk atau kegiatan seismik utama pada masanya. Juga bisa memberikan wawasan tentang migrasi manusia di dalam dan luar daerah.
“Kami percaya bahwa hasil dari proyek ini akan memiliki implikasi luas dalam bidang ilmu pengetahuan dan lingkungan. Dan akan menjelaskan sumber daya alam baru,” Zvi Ben-Abraham, profesor di Tel Aviv University.
Proyek ini disponsori Program Pengeboran International Continental, sebuah kelompok yang ‘hobi’ menggali kerak bumi di lokasi lain di seluruh dunia. Diharapkan, proyek ini dapat berjalan sampai akhir tahun.

Kejutkan Para Ilmuwan,Komet Hartley 2 Ciptakan Badai Salju

CALIFORNIA (Berita SuaraMedia) – Ilmuwan ternganga saat pesawat luar angkasa NASA berhasil mengambil gambar luar biasa dari komet yang menciptakan badai salju.
“Bagi saya semua ini terlihat seperti bola salju yang bisa Anda guncang,” kata ilmuwan dari Brown University, Pete Schultz yang menganalisis rekaman baru dari komet Hartley 2 itu.Ketika pertama kali melihat gambar itu, Schultz berkata “mulut kami (ilmuwan) hanya bisa menganga.”
“Kami menyadari bahwa kami melihat partikel salju di sekitar inti komet” kata kepala ilmuwan University of Maryland, Michael A’Hearn.
“Kami terkejut. Belum pernah sebelumnya terlihat potongan es di sekitar komet.”
Foto-foto dari banjir yang terjadi di komet ini berhasil tertangkap pesawat luar angkasa NASA, pada awal November.
Pesawat berhasil mendekat kurang dari 500 mil ke pusat komet. Teknisi NASA memilih jarak yang aman agar pesawat tidak terkena puing-puing komet. Namun, ilmuwan salah perkiraan.
“Teknisi melaporkan sekitar sembilan partikel komet yang menabrak pesawat luar angkasa itu,” ujar manajer pesawat, Tim Larson dari Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat.
Namun, tidak ada kerusakan yang signifikan pada pesawat.
“Bola salju terbuat dari serpihan kecil air yang beku dan mengelompok,” kata astronom Jessica Sunshine dari University of Maryland.
Karenanya, bukan seperti gumpalan es biasa, bola salju di komet itu memiliki struktur yang sangat longgar dan gampang pecah.

Ilmuwan Ungkap “Pembunuhan” Misterius 1700 Tahun Lalu?

KAIRO (Berita SuaraMedia) – Sebuah mumi Mesir berusia 1.700 tahun menyimpan sebuah misteri. Siapapun identitas mumi itu, ia diduga tewas tak wajar.
Mumi itu adalah seorang anak kecil yang hidup sekitar 350 tahun sebelum Masehi. Sabtu lalu, para ilmuwan melakukan pemindaian (scan) untuk mengetahui jenis kelaminnya.
Awalnya, pada pengujian pertama 17 tahun lalu, mumi yang disimpan di Museum Saffron Walden di Essex, Inggris diduga sebagai bocah laki-laki.
Uji sinar X dilakukan setelah Dr Christina Riggs, dari University of East Anglia meneliti mumi itu.
Ia mengatakan, pita yang membungkus mumi serupa dengan pita yang digunakan untuk membungkus mumi perempuan di Thebes dalam periode waktu yang relatif sama.
Belakangan, hasil scan mengungkapkan ia kemungkinan besar adalah seorang gadis kecil.
Tak hanya itu, pemindaian dengan sinar X di Addenbrooke’s Hospital, Cambridge, Inggris, mengungkap sebuah rahasia kelam. Bocah itu mungkin tewas secara mengenaskan.
Investigasi menyebutkan, bocah yang jenis kelaminnya belum dipastikan itu mengalami pecah di bagian tengkorak dan tulang lehernya patah sebelum meninggal. Ahli radiografi syaraf, Halina Szutowicz menduga, bocah itu dibunuh.
Meski, “ini bisa jadi karena jatuh atau kecelakaan, seperti yang umum terjadi pada kematian anak. Tapi kami tak bisa memutuskannya,” kata dia seperti diberitakan Daily Mail. Namun, “ada banyak luka yang mungkin berujung pada kematian anak ini”. “Kami belum yakin, tapi kami punya dugaan. Kami masih menunggu pendapat radiologis sebelum mengumumkan hasil pastinya.”
Para ilmuwan merasa beruntung melakukan pemindaian pada tubuh mumi itu. “Ini sangat istimewa, untuk bisa sedekat ini dengan sesuatu yang sangat kuno,” tambah Szutowicz.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s