TIKUS

“ Reny, kamu tuh sudah besar, tolong biasakan bersihkan sendiri kamarmu.” Pagi-pagi suara mama sudah memenuhi kamarku yang baru bisa membuka sedikit mata, karena semalam aku tidur sangat larut. “ kamu selalu mengharapkan mbak Ayu, kamu harusnya malu sama dirimu sendiri, malu sama badanmu yang tambah besar itu.” Suara mama masih terus mengomel. Seperti biasanya aku cuma diam saja, karena kalau aku bantah, sudah pasti mama akan tambah lama ngomelnya.

Ini memang salahku yang malas untuk membersihkan sendiri kamar tidurku, baju-baju kotor sehabis pulang sekolah atau bermain biasanya aku lempar saja sembarangan, karena seperti biasanya mbak Ayu pasti akan membereskannya, begitu juga seprei yang sudah tidak menutupi kasur lagi, mbak Ayu dengan sabar akan merapikannya dan menyapu lantai kamar yang banyak sampah plastik bekas sisa jajananku. Baju-baju juga buku-buku berserakan dimana-mana setelah selesai dipakai. Lemari pakaian jangan harap rapi, karena gak lama setelah mbak Ayu merapikan lemari, pasti akan berantakan lagi aku acak-acak memilih baju yang mau aku pakai.

“Jorok banget sih kamu, Ren. Udah kaya kandang kambing saja kamarmu itu, nanti ada tikus baru tahu rasa kamu.” Suara mama rupanya belum berhenti juga. Aku sedikit ngeri juga ketika mama menyebut nama binatang yang paling aku benci didunia ini. Hi, ngeri membayangi ada tikus dikamarku.

Keesokan harinya aku mulai sedikit berubah, baju seragam sekolah yang biasanya aku lempar kelantai kamar, aku masukkan kekeranjang tempat baju kotor yang ada dipojok kamar. Untuk mengambil baju dilemari juga pelan-pelan sekali agar baju-baju yang lain tidak berantakan karena cara mengambil bajuku yang salah. Lumayan lama juga kamarku terjaga rapi dari mbak Ayu merapikannya tadi pagi sampai detik ini.

Selesai makan siang, seperti biasanya aku istirahat dikamar sambil online di laptop kesayanganku, tak lupa cemilan jajanan yang aku beli sepulang sekolah tadi menemaniku bersantai. Tapi rupanya kebiasaan malas ini kembali lagi, paling nanti mbak Ayu yang akan merapikan lagi, sambil melempar plastik sisa jajanan tadi. Bosen online, aku memilih dan mengambil buku-buku komik yang sudah tersusun rapi di raknya dengan kasarnya, sudah pasti buku-buku itu berantakan dilantai bercampur dengan sampah-sampah plastik sisa jajanan. Dalam sekejap kamarku sudah kembali B E R A N T A K K A N. rupanya kebiasaan malas ini susah sekali hilangnya.

“Assalamualaikum,” seruku sepulang sekolah. Aku langsung masuk kamar, melempar baju seragam kelantai, lalu mengambil baju rumah di dalam lemari dengan kasar, sehingga baju-baju yang lain jatuh berhamburan kelantai. Santai ada mbak Ayu, pikirku. Seperti biasa aku langsung ke ruang makan untuk makan siang. Hari ini lauknya yang paling aku suka yaitu ayam goreng dan sayur lodeh tambah sambel tumis, hmhm……. Sedap. Selesai makan tanpa merapikan bekas makannya, aku membuka kulkas untuk minum jus alpuket kesukaanku. Setelah merasa kenyang, aku kembali ke kamarku. Seperti biasanya sambil santai main laptop ditemani cemilan jajanan yang ku beli tadi.

Tiba-tiba setengah sadar karena lelah tadi disekolah aku merasa ada sesuatu yang lembut – lembut dikakiku, dengan setengah malas aku mengangkat kepala untuk melihat ada apa dikakiku ini. “Toloooooong ada TIKUUS, mbak Ayu tolooong”. Teriakku sekuat-kuatnya. Aku lari ke pintu kamar untuk membukanya, tapi anehnya, pintu itu tidak dapat dibuka. Sambil teriak-teriak panik, aku memanggil mbak Ayu, tapi anehnya, dia tidak segera datang seperti biasa kalau aku teriak minta teh manis atau apapun pasti mbak Ayu cepat datang. Tidak tahan lagi aku nangis ketakutan karena tidak bisa keluar kamar, apalagi tikus itu berusaha terus mendekati kakiku, aku lari menggelilingi kamar sambil menjerit-jerit ketakutan. Aku lari mau masuk lemari, tapi ternyata didalam lemari itu banyak sekali tikus. “Aduuuuh.” Teriakku keras ketika ada seekor tikus berhasil menggigit jari kakiku. Sambil teriak minta tolong, aku terus menangis ketakutan. “Neng, neng bangun, kenapa teriak-teriak?” aku mendengar seperti ada suara yang aku kenal, setelah membuka mata, “MBAK AYU!!, kemana aja dari tadi aku panggil-panggil gak datang.” protesku. “Saya gak dengar neng memanggil saya”. Mbak Ayu menjelaskan. “Tapi tadi yang saya dengar cuma suara neng teriak-teriak, ada apa neng?”. “Oh gak ada apa-apa mbak, saya cuma mimpi.” Kata saya setelah agak tenang dan sedikit malu. Mimpi ini menyadarkan saya, bahwa sifat malas saya untuk merapikan kamar adalah salah. Mulai saat itu saya berusaha untuk selalu menjaga kebersihan kamarku.

-TAMAT-

Sansevieria, Tanaman Penyerap Racun

Tanaman indah dan sedap dipandang mata ini habitat aslinya justru di daerah tropis kering (iklim gurun yang panas & pegunungan tandus), memiliki keunggulan yang jarang ditemukan pada tanaman lain.
Sansevieria memiliki ciri umum menyimpan air didalam seluruh bagian tubuhnya dalam jumlah banyak, memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Oleh Peneliti sering dinamakan dengan tanaman Perintis (Old century plant), yaitu tanaman purba yang mampu bertahan hidup saat tanaman dari famili lain tidak mampu bertahan hidup dilingkungan yang sangat tandus maupun terhadap perubahan suhu yang relatif ekstrim.

Bangsa Cina memandang ada 8 kebaikan tanaman Sansevieria
Bangsa Cina memandang kecantikan Sansevieria dari bunganya yang beraroma wangi oleh karena itu disebut dengan pak lan, sweet mei lan, ylang ylang, dan jasmine.
• Kesuburan (tidak membutuhkan media tanam khusus)
• Panjang umur (tahan terhadap kondisi ekstrim serta anti polutan)
• Kecerdasan (bisa mutasi bentuk maupun warna)
• Seni (bisa dibonsai maupun digrouping)
• Yin-Yang
• Kecantikan (mempunyai bentuk maupun warna yang unik bahkan
ada yang dapat memantulkan sinar)
• Kekuatan (pertumbuhan yang tegak ditanah maupun di pot),
serta
• Kemakmuran (Kesanggupan beranak baik dari rimpang maupun
stek daun, bahkan anakannya dapat menembus tanah & pot)

Konon hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menunjukkan bahwa Sanseiveira mampu menyerap 107 jenis unsur berbahaya. Riset lainnya dapat disimpulkan bahwa untuk ruangan seluas 100 m3 cukup ditempatkan Sansevieria Lorentii dewasa berdaun 5 helai agar ruangan itu bebas polutan.
Ciri spesifik yang jarang ditemukan pada tanaman lain, diiantaranya mampu hidup pada rentang suhu dan cahaya yang luas, sangat resisten terhadap gas udara yang berbahaya (polutan), bahkan mampu menyerapnya sehingga di daerah berlalulintas padat dan di dalam ruangan yang penuh dengan asap nikotin dimanfaatkan sebagai antipolutan (air freshener). Sementara di Afrika, getah Sansevieria dimanfaatkan sebagai antiracun ular dan serangga.

Fakta lain tentang Sansevieria
• Sanse mengeluarkan Oksigen dan mampu menyerap bau/ polusi
yang ada disekitarnya 24 jam terus menerus.
• Selain dimanfaatkan untuk tanaman Outdoor dilahan terbuka, juga
dapat ditanam secara Indoor karena bisa bertahan cukup lama tanpa
perlu terkena sinar matahari.
• Nama jenis Sansevieria lebih pasti karena pemberiannya berasal dari
Penelitinya.
• Dilindungi Organisasi badan Internasional karena di habitatnya sendiri
sanseiviera sudah terancam punah.
• Sampai saat ini tanaman hias yang diakui dunia / memiliki organisasi
resmi yaitu Bonsai, Anggrek & Sansevieria (International Sansevieria
Sociaty).

• Dapat mutasi bentuk dan warna.
• Kelangkaan beberapa jenis Sansevieria menjadi tantangan tersendiri bagi Para Hobiis untuk memburunya dan memilikinya sehingga masalah harga dinomor duakan.

Segudang Khasiat Nenas

Nanas adalah buah yang memiliki mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan. Nanas memiliki segudang khasiat untuk tubuh kita, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Pohon nanas sendiri dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di indonesia dengan masa panen relatif singkat, yaitu antara 2 sampai 3 kali setahun.
Itulah alasan kenapa buah nanas menjadi sangat terjangkau untuk masyarakat luas.. namun demikian sebenarnya buah nanas bukan berasal dari indonersia melainkan dari negara-negara Amerika latin seperti Brazil, Paraguay, dan Bolivia.
Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari nanas juga berkhasiat seperti, kulit yang berfungsi untuk membersihkan batu marmer. Daun nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas). Lantas kita selalu berpikir tentang kandngan apa yang ada pada buah nanas ? diantaranya adalah Vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gr nanas.
Nanas juga mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi yang dapat dijumpai pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Karena sifatnya itu, nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.
Meskipun terasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag . kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Untuk menambah khasiatnya nanas lebih baik dikonsumsi secara utuh. Seperti untuk campuran selada buah dan es buah. Tetapi perlu diingat juga, nanas yang telah diolah menjadi dodol nanas, krippik nanas atau olahan nanas lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah tidak utuh lagi.
Agar dapat memanfaatkan nanas secara optimal kita juga perlu memanfaatkan kualitas dari nanas tadi. Pilihlah nanas yang telah matang, jangan yang rusak atau cacat yang warnanya kecoklatan dan kalau bisa yang masih mengandung kadar air.

Macam-Macam Clay

Lilin Malam
Ini juga termasuk ‘keluarga’ clay, biasanya untuk mainan anak-anak, banyak dijual di toko-toko buku bermacam-macam warna dan mudah dibentuk. Bentuk akhirnya tetap lunak tidak akan mengeras dan dapat diolah kembali.

Plastisin Clay
Hampir sama dengan Lilin malam hanya saja tidak selunak lilin malam dan lebih mantap bentuknya (lebih keras dibandingkan lilin malam)

Paper clay
Terbuat dari bubur kertas, kebanyakan dijual dengan warna putih dan ada juga dengan campuran gips (seperti kapur). Hasil akhirnya keras dengan cara diangin-anginkan dan di cat diberi warna (dapat juga sewaktu diulenin langsung ditambah warna).
Paper clay dapat dibuat sendiri dengan cara merendam kertas (caranya bisa di lihat posting sebelumnya perihal daur ulang koran)

Clay Tepung
Ini dapat dibuat sendiri dan cukup mudah dikerjakan bersama anak-anak.
Bahan yang diperlukan:
– Tepung terigu : tepung tapioka : tepung beras dengan perbandingan 1:1:1
– Lem kayu misalnya lem fox (atau sejenisnya)
– Sedikit natruim benzoat/pengawet makanan atau Borax juga nggak apa-apa kok ^_^ (ini gak wajib, jika ingin hasil tahan lama tidak berjamur)
– Cat poster/akrilic/cat air
– Pilox bening/cat kuku bening
Cara membuat:
Campur tepung, masukan lem sedikit demi sedikit hingga serasa pas dan tidak lengket ditangan
Bagi beberapa bagian (sesuai warna-warna yang diinginkan) dan campurkan sedikit demi sedikit cat sampai warna yang diinginkan tercapai
Clay tepung siap di bentuk
Angin-anginkan hingga kering
Dapat disemprotkan Pilox transparant atau dioles cat kuku agar lebih tahan lama

Clay Roti
Ini juga dapat di buat sendiri dari sisa-sisa roti
Bahannya:
– 1 lembar roti tawar (angin-anginkan dulu agar teksturnya agak kering)
– Lem kayu misalnya lem fox (atau sejenisnya)
– 1 sdt minyak sayur
– Sedikit natruim benzoat/pengawet makanan atau Borax (tidak wajib)
– Cat poster/acrilic/cat air
– Pilox tranparant/cat kuku bening

Cara membuat:
– Sobek-sobek kecil roti tawar
– Tambahkan lem dan uleni sampai agak kalis.
– Tambahkan minyak sayur dan pengawet, uleni sampai kalis
– Selanjutnya sama dengan membuat clay dari tepung
(diambil dari resepnya mbak Yoana di millis Manik2 Cantik)

Jumping Clay
Clay ini jika diangin-angin kan akan kering dan tidak dapat diolah lagi, hanya saja jadinya ringan seperti gabus. Dijual dengan berbagai macam warna didalam kantung alumunium foil (biasanya) cocok untuk dibuat menjadi boneka-boneka hewan atau manusia kecil

Air Dry Clay/clay jepang/clay korea
Hampir sama dengan jumping clay, hanya saja bentuk akhirnya lebih padat. Dijual dengan berbagai macam warna dan dibungkus dengan plastik kedap udara (biasanya). Cocok untuk membuat miniature buah-buahan, sayuran, makanan atau lainnya

Polymer Clay
Clay yang paling mahal, masih langka di Indonesia. Proses pengeringannya dengan cara di oven (bukan pakai oven kompor loh). Hasil akhirnya… Wah kaya bunglon tergantung jenis clay nya (bisa lihat di posting sebelumnya perihal polymer clay) mau seperti kayu, batu alam, metal atau plastik.

Clay Asli (Tanah Liat/Keramik)
Pasti semua tahu yang ini, clay asli dari alam untuk membuat tembikar. Cara pengeringannya setelah diangin-angin dibakar kedalam tungku.
Berdasarkan jenis nya
– Gerabah
– Keramik batu
– Porselin
– Keramik Baru
http://www.pppgkes.or.id/modules.php?name=Content&pa=showpage&pid=67

Clay Imitasi
Tidak semua tahu perihal clay ini, Tha saja tidak tahu namanya (lupa) hehe. Yang pasti clay ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik mobil atau industri besar lainnya untuk dijadikan model produk. Warnanya coklat tua dengan cara dipanaskan dahulu agar dapat dibentuk. Hasil akhirnya…. Lumayan kokoh, tapi masih bisa diolah lagi kalau dipanaskan
Gips
Ini termasuk keluarga clay bukan yah? Gips terbuat dari bahan kapur yang dikeraskan. Cara pembuatanya, adonan yang encer dicetak (menjadi pot, hiasan kulkas, pajangan, dll) diangin-angin kan lalu di cat. Atau dapat juga dipadatkan berbentuk balok, lalu di ukir menjadi patung, abstrak atau lainnya

Keajaiban Dunia Mount Everest,Air Terjun Victoria, dan Northern Lights

KEAJAIBAN DUNIA MOUNT EVERST

Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

AIR TERJUN VICTORIA

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).
David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.

NORTHERN LIGHTS

Salah satu keajaiban dunia adalah Northern Lights atau dikenal juga dengan istilah Aurora Borealis. Kejaiban cahaya warna-warni ini terbentuk akibat interaksi lapangan magnetik di Bumi dengan partikel matahari.

RAHASIA PANJANG UMUR

Suatu kabar baik bagi anda untuk memiliki umur panjang jauh diatas 90 tahun bahkan lebih. Ternyata salah satu dari unsur element di dunia ini yaitu air murni ternyata sangat berguna untuk membuat panjang umur kita. Lo kok bisa ? Secara gampangnya kalo kita sering sakit sakitan otomatis bisa menjadi penyebab umur kita pendek. Untuk itu dari cara kita mengkonsumsi segala jenis minuman dan makanan sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita.Seyogyanya untuk menjaga rahmat yang amat berharga ini berupa tubuh yang sehat , maka sedini mungkin kita senantiasa menjaga nya. Salah satunya dengan meminum air yang sehat dan jauh kontamisasi segala bakteri atauun partikel kimia yang membahayakan tubuh kita. Sebagai contoh secara tidak sadar jika kita meminum air yang masih terkandung bahan kalsium maka menral kalsium tersebut akan terkumpul dan menempel di dalam pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan sakit jantung

Air dapat digolongkan menjadi beberapa jenis ( 9 jenis air ).dari beragam jenis air tersebut satu diantaranya adalah yang terbaik untuk dikonsumsi untuk tubuh kita agar badan kita tetap fit/sehat sehingga menambah umur panjang

Jenis jenis air : (1) air keras , (2) air baku, (3) air hujan, (4) air mendidih, (5) Air lunak, (6) air salju , (7) air disaring,
(8) air ionisasi, (9) air suling .

(1)Air Keras yaitu air yang mengandung kadar garam kapur yang berlebihan seperti terkandung karbonat dan sulfat, kalsium dan magnesium, sodium, besi, tembaga, silikon, nitrat, klorida, virus, bahan kimia, . Pada umumnya air ini berasal dari air sumur umum ataupun pribadi.

(2)Air Baku yaitu air yang belum diolah dengan cara apapun dan banyak terkandung virus /bakteri patogen serta mineral berbahaya tiap tetesnya

(3)Air Hujan merupakan air yang sudah disuling oleh alam yaitu oleh panasnya matahari .. Dan saat air hujan turun ke bumi sebagai air hujan melalui udara yang mengandung bakteri dan lainnya.

(4)Air Lunak biasanya diambil dari sungai sungai, danau atauun air gunung . Perbedaannya ini hanya dalam perbandingan air dengan kekerasan menurut para ahli bahwa setiap tahun sungai sungai di bumi ini membawa 5 milyar ton mineral yang tidak dapat diuraikan ke laut dan jutaan carbon campuran serta kotoran pabrik2

(5)Air mendidih yaitu air yang dimasak ( anjuran 100%C selama 20 menit ). Pada umumnya masyarakat kita masih mengkonsumsi jenis air ini . Mungkin dikarenakan lebih aman dan prosesnya tidak ribet seperti dalam memproses air suling. Perlu diketahui bahwa air mendidih bukan berarti kita sudah terlepas dari bahaya , perlu diingat dalam kandungan air terdiri dari berbagai macam partikel bahan-bahan kimia anorganik walaupun dapat membunuh kuman/bakteri. Badan kuman yang mati ini akan menjadi sampah dan terlarut dalam sistem air sehingga akan menjadi suatu media yang subur untuk tempat propagasi virus dengan cepat dalam tubuh. Sehingga masih ada resiko tumbuhnya bakteri baru dalam tubuh kita.

(6)Air salju merupakan air dari salju yang mencair. Air ini juga membawa mineral serta bakktery yang berbahaya .

7)Air yang disaring ialah air yang didapatkan dari proses penyaringan baik dengan saringan yang halus maupun kasar. Sebagian orang beranggapan bahwa air saring sudah terbebas dari virus/balteri serta partikel berbahaya namun sekecil pori -pori lubang saringan masih belum bisa menyaring virus yang ukurannya jauh dibawah mikron…. benarkah ?..

(8)Air Ionisasi yaitu air yang diproses melalui metode ionisasi. Dari proses ionisasi memang efektif untuk menghilangkan mineral namun demikian ini menjadi dasar perkembangan bakteri, bahan bahan organik lainnya serta virus. Disamping itu proses ionisasi tidak menghilangkan bahan bahan kimia sintesis seperti herbisida,

(9)Air Suling ialah air yang dikembalikan ke asalnya yang diperoleh dari proses penyulingan .metode ini paling efektif dari pemurnian air. Air suling ini merupakan jenis air yang paling bersih. Air ini tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Dalam tubuh manusia air ini berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dengan membantu mengambil hasil pemanasan extra dari bagian tubuh dalam kira kira 3000 kalori dari makanan setiap harinya. Air juga mangangkat kotoran kotoran dari badan. Dan juga berfungsi sebagai larutan dalam tubuh dan menguraikan menjadi zat zat mineral yang diperlukan tubuh.

Jadi dengan mengkonsumsi air minum yang benar benar bersih ( murni ) dengan sendirinya akan menjaga tubuh kita tetap sehat dan paling tidak meminimalkan terhindar dari berbagai macam penyakit

Keajaiban Dunia Great Barrier Reef/Karang Penghalang Besar

Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.