Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken terletak di Propinsi Sulawesi Utara. Secara geografis Taman Nasional Bunaken dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Bagian Utara dan Bagian Selatan.
Bagian Utara meliputi lima pulau, dan daerah pesisir antara Molas hingga Tiwoho yang disebut Pesisir Molas-Wori”.
Bagian Selatan seluruhnya terdiri daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng
yang disebut “Pesisir Arakan-Wawontulap”.
Taman Nasional Bunaken terletak tidak jauh dari Manado, Ibukota Propinsi Sulawesi Utara.
Dengan naik perahu motor, jarak Manado dan Pulau Bunaken bisa ditempuh dalam 35 menit.

Luas keseluruhan Taman Nasional Bunaken adalah 79.056 Ha. Di mana, luas Bagian Utara adalah 62.150 Ha dan luas Bagian Selatan 16.906 Ha.

Keindahan laut Bunaken sebenarnya sudah puluhan tahun terindentifikasi oleh para penyelam tanah air. Namun pemerintah baru sadar dan kemudian Taman Nasional Bunaken (TNB) secara resmi ditetapkan sebagai salah satu taman nasional laut di Indonesia pada Oktober 1991, setelah lebih kurang 20 tahun keindahannya ditemukan oleh 3 orang pelopor usaha penyelaman daerah, yakni dr Hanny Batuna, Loky Herlambang, dan Ricky Lasut. Baru setelah kawasan ini tersohor oleh para penyelam internasional, pemerintah sadar lalu secara bertahap menetapkan wilayah seluas sekitar 89.000 Ha ini menjadi kawasan konservasi.

Taman Nasional Bunaken yang berada di perairan Manado, Sulawesi Utara (Sulut), telah diusulkan masuk World Natural Heritage karena memiliki keunikan tersendiri di dunia.
Salah satu lembaga badan dunia, UNESCO, yang telah meninjau langsung ke Taman Nasional Bunaken di Kota Manado, sangat tertarik akan keindahan alam biota laut yang ada sehingga perlu diberikan penghargaan untuk ditetapkan menjadi World Natural Haritage.
Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu keindahan laut yang dimiliki Indonesia dan tidak dimiliki negara lain karena terdapat jutaan biota laut dan karang yang sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s