KOMNAS HAM

Komnas HAM adalah lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauanm dan mediasi hak asasi manusia.

Tujuan KOMNAS HAM :

  • Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila,UUD 1945, dan Piagam PBB serta Deklarasi Universal hak asasi manusia.
  • Meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

KOMNAS HAM mempunyai kelengkapan yang terdiri dari Sidang Paripurna dan Sub komisi. Disamping itu, KOMNAS HAM mempunyai Sekretaiat Jendral sebagai unur pelayanan.

Landasan hukum KOMNAS HAM :

Pada awalnya, KOMNAS HAM didirikan dengan keputasn presiden no. 50 tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.  Sejak 1999 keberadaan KOMNAS HAM didasarkan pada undang-undang, yakni Undang-Undang nomor 39 tahun 1999 yang juda menetapkan keberadaan, tujuan, fungsi, keanggotaan, asas, kelengkapan, serta tugas dan wewenang KOMNAS HAM.

Keanggotaan KOMNAS HAM :

Menurut UU no.39 thn 1999, KOMNAS HAM beranggotakan tokoh masyarakat yang profesional, berdedikasi dan berintegritas tinggi, menghayati cita-cita negara hukum dan negara kesejahteraan yang berintikan keadilan, menghormati hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s